CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 22 Mei 2009

Menurut pengamatan saya, kebanyakan virus lokal menginfeksi komputer dengan memanfaatkan fungsi autorun dari komputer atau menyamarkan diri menjadi folder/file office/file gambar namun ber-extensi *.exe (application).

Untuk virus yang menginfeksi dengan teknik autorun, cara satu-satunya adalah meniadakan fungsi autorun pada komputer kita. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan software. Kalau mau coba bisa donwload disini (link dibawah post)


Sedangkan untuk Virus yang menginfeksi dengan cara “menyamarkan diri” maka salah satu cara pencegahannya adalah dengan “membongkar penyamarannya” itu.

Ciri utama virus yang menyamar adalah Icon tampilannya tidak sesuai dengan extensi-nya. Misalnya Folder, dalam keadaan apa pun tidak memiliki extensi tapi folder yang lagi menyamar pasti memiliki extensi *.exe (application). Contoh lainnya adalah file MSWord. Normalnya, file-file tersebut ber-extensi *.Doc. Misalnya, file MSWord yudhicakep.Doc ketika terinfeksi virus maka akan berubah menjadi yudhicakep.exe

Nah, untuk mencegah agar kita tidak mengeksekusi file yang salah, ada baiknya kita aktifkan saja “Extentions file types“-nya. Caranya, buka Explorer > Menu Tools > Folder Option > Tab View. Hilangkan tanda centang pada “Hide Extentions for Known File Types”. Dengan cara ini, Windows akan memunculkan seluruh extensi file-file yang ada di komputer kita. Jadi, “penyamaran” si Virus akan sangat mudah terbongkar.

Kalau menemukan Virus yang sedang menyamar, jangan coba-coba eksekusinya. Tapi langsung di-Delete saja. Tentunya dalam kondisi komputer kita tidak sedang terinfeksi.

Kemudian, bagi teman-teman yang komputernya pernah terinfeksi virus lokal, bisa mencoba cara ini untuk recovery.

0 komentar: